LAPORAN
OBSERVASI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
DI YAYASAN KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH 25
Guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: Pendidikan
Luar Sekolah
Dosen Pengampu: H. Mursyid, M.Ag
Disusun oleh:
Syaifudin
Hamzah : (133111011)
Iza Firdiyanah Rizqi :
(133111012)
Baihaqi :
(133111013)
Rizqi Ainun Hayati :
(133111014)
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)
WALISONGO
SEMARANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Perkembangan
dunia, tek terkecuali Indonesia saat ini telah memasuki era Teknologi
Informasi, Negara dihadapkan pada tantangan
baru yaitu globalisasi yang menyentuh semua aspek kehidupan. Sehingga
diera ini seakan dunia tanpa jarak, semua Negara didunia dapat berkomunikasi langsung
melalui dunia maya diseluruh penjuru dunia. Menghadapi perkembangan Teknologi
Informasi yang sangat pesat, tentunya semua masyarakat dunia, termasuk
Indonesia harus siap menghadapinya.
Salah
satu modal dasar persiapan tersebut adalah meningkatkan kualitas pendidikan.
Undang-undang yang mengatur pendidikan adalah Undang-Undang No 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas) yang menyatakan bahwa pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian,
dasar-dasar, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan Negara.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimanakah
Sistem Kelembagaan dari KB ‘Aisyah 25?
2.
Bagaimanakah
SDM dari KB ‘Aisyah 25?
3.
Bagaimanakah
sarana prasarana yang digunakan KB ‘Aisyah 25?
4.
Bagaimanakah
sistem keuangan yang di kelola di KB ‘Aisyah 25?
5.
Bagaimanakah
visi dan misi dari kegiatan KB ‘Aisyah 25?
6.
Bagaimanakah
sejarah berdirinya KB ‘Aisyah 25?
7.
Apakah
keunikan dari KB ‘Aisyah 25?
C.
TUJUAN PENEITIAN
1.
Dapat
mengetahui Sistem Kelembagaan dari KB ‘Aisyah 25
2. Dapat mengetahui SDM dari KB ‘Aisyah 25
3.
Dapat
mengetahui sarana prasarana yang digunakan KB ‘Aisyah 25
4.
Dapat
mengetahui sistem keuangan yang di kelola di KB ‘Aisyah 25
5.
Dapat
mengetahui visi dan misi dari kegiatan KB ‘Aisyah 25
6.
Dapat
mengetahui sejarah berdirinya KB ‘Aisyah 25
7.
Dapat
mengetahui keunikan dari KB ‘Aisyah 25
D.
METODE PENELITIAN
Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan pengamatan yang
dilakukan dengan wawancara dan observasi di Yayasan KB ‘Aisyiyah. Observasi ini
cocok digunakan karena peneliti dapat mengamati secara langsung proses kegiatan
yang dilakukan di KB ‘Aisyiyah. Sehingga nantinya dapat menelaah dan menjawab
pertanyaan-pertayaan yang telah dirumuskan secara intensif, mendalam, mendetail
dan komprehensif. Adapun jika terdapat kekurangan dalam pengamatan bisa di
integrasikan dengan data yang di peroleh dari wawancara.
BAB
II
PEMBAHASAN
E.
Sistem kelembagaan dari KB ‘Aisyiyah 25
KB
‘Aisyiyah 25 yang berada di Jl. Warigalit-Raya RW VIII Perumnas-Krapyak,mempunyai
sistem kelembagaan yang menganut dari yayasan ‘Aisyiyah. Oleh karenanya
pengorganisasian tenaga pendidik dan segala kebijakan mutlak berada di kepala
yayasan Aisyiyah tanpa campur tangan dari organisasi lain.
Kurikulum
yang digunakan KB Aisyiyah 25 yaitu mengikuti program kegiatan belajar mengajar
taman kanak-kanak dari Departeemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud).
Adapun indikator dan sistem pembelajaran, pihak yayasan tinggal melekukan
pengembangan.kurikulum ini berbasis kompetensi yang terintegrasi dengan pengetahuan Islami
dan praktik ibadah yang memadai.
F.
Manajemen Sumber Daya Manusia
KB
Aisyiyah 25 sangat memperhatikan manajemen dari SDM (Sumber Daya Manusia)
terlebih bagi para pendidik atau pengajar yang harus mempunyai dasar agama yang
lebih karena KB ini berbasis islam. Selain itu di prioritaskan juga bagi para
pendidik yang lulusan S1 yang berpredikat
sebagai pengajar KB dan sesuai dengan jurusannya. Adapun jika terdapat
seseorang yang ingin mengajar di KB tersebut tetapi basis pendidikanya bukan lulusan
sesuai ketentuan, maka masalah diterima atau tidaknya tergantung dari wewenang
yayasan.
G.
Manajemen sarana prasarana
Sarana
prasarana yang digunakan di KB ‘Aisyiyah 25 tersebut cukup memadai, seperti
perlengkapan tulis menulis untuk murid dari KB/TK , sarana untuk bahan
permainan seperti balok-balokan untuk melatih anak berimajinasi karena dengan
balok-balokan tersebut anak-anak dapat merangkai jenis dan menghasilkan bentuk
seperti aslinya.
Akan
tetapi, kekurangan yang ada di KB ‘Aisyiyah tersebut, yaitu halaman dan tempat
bermain yang kurang luas, sehingga alat-alat permainan yang digunakan seperti
ayunan, prosotan hanya terbatas. Untuk mengantispasi keterbatasan yang ada, KB
‘Aisyiyah 25 bekerja sama dengan masyarakat sekitar dalam memenuhinya. Contoh
saja menggunakan masjid milik masyarakat untuk sholat dzuhur setiap harinya,
sebagai sarana beribadah yang memadai.
H.
Manajemen keuangan
Manajemen
keuangan dari lembaga ini yaitu masih bergantung pada yayasan karena KB
‘Aisyiyah 25 milik sebuah yayasan yaitu aisyiyah dari organisasi Muhammadiyah.
Selain itu juga terdapat berbagai donatur yang memberikan dana untuk
kepentingan KB ini yang tentunya dari asyiyah dan dari kumpulan pengajian
aisyiyah itu sendiri.
Setiap
murid yang mendaftar dan ingin menjadi murid di KB ‘Aisyiyah ini di kenai biaya
Rp. 20.000 untuk biaya pendaftaran, kemudian setelah menjadi siswa dikenai
biaya SPP yaitu Rp. 150.000 yang terdiri
Rp. 95.00 biaya wajib, tabungan wajib serta uang kas untuk menunjang keperluan
yang mendesak sewaktu-waktu. Jika di akumulasi biaya yang ada di KB ‘Aisyiyah
25 termasuk biaya yang murah dibandingkan dengan PAUD/KB yang lain di daerah
tersebut.
I.
Visi dan misi dari KB ‘Aisyiyah 25
Setiap
lembaga yang berdiri dan berkembang khususnya didalam bidang pendidikan tentu
mempunyai visi dan misi. KB ‘Aisyiyah mempunyai visi yaitu “mengembangkan
pendidikan anak usia dini yang kondusif, demokratis, islami dan mengembangkan
potensi anak didik sesuai kemampua dan tingkat pengembangannya.” Sedangkan misi
nya yaitu:
1. Menciptakan sistem pendidikan anak usia
dini yang kondusif, demokratis, islami dan di ridhai Allah SWT dalam rangka
pengembangan potensi anak.
2. Membantu mengembangkan kecerdasan
spiritual, emosional, dan intelektual secara sistematis dan terarah.
3.
Bekerja
sama dengan orang tua dalam mengembangkan potensi anak menjadi manusia yang
berakhlak mulia, sehat, berilmu, mandiri dan tanggung jawab.
J.
Sejarah berdirinya KB ‘Aisyiyah 25
KB
‘Aisyiyah 25 berdiri tanggal 16 juli 2011 yang dulunya merupakan tanah kosong milik organisasi muhammadiyah,
kemudian dibangun untuk balai kesehatan untuk masyarakat sekitar. Akan tetapi
karena nilai fungsinya berkurang karena warga setempat tidak menggunakan
fasilitas balai kesehatan tersebut dengan baik, kemudian balai kesehatan
tersebut diganti dengan bangunan yang lain. Karena melihat, menimbang dan
memperhatikan bahwa pendidikan anak usia dini sangatlah penting maka dari itu
berdirilah KB ‘Aisyiyah 25.
Adapun
surat legalitas untuk pengesahan lembaga tersebut dari pihak dinas, sementara
belum ada, karena KB ‘Aisyiyah 25 baru berdiri 2 tahun yang lalu, sedangkan
untuk mendapatkan surat legalitas lembaga harus memenuhi waktu kurang lebih 4-5
tahun. Dan lembaga tersebut masih berada dibawah naungan yayasan ‘Aisyiyah.
K.
Keunikan dari KB ‘Aisyiyah 25
Hal
yang tidak biasa atau bisa juga disebut unik dari lembaga tersebut adalah
diadakannya free class untuk masyarakat umum yang meskipun anaknya belum
menjadi murid dari KB tersebut akan diperbolehkan untuk mengikutinya. Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari
sabtu sore pukul 16.00 WIB dan pelaksanaanya dua kali dalam satu bulan yaitu
pada minggu pertama dan kedua. Tujuan utamanya untuk bersosialisasi sekaligus
untuk mempromosikan lembaga tersebut.
Selain itu, keunikan dari KB
‘Aisyiyah 25 yang lain adalah adanya berbagai ekstra fooding yaitu memasak
bersama, kemudian makan bersama, ekstra menggambar, ekstra menari, dan
dikenalkan bahasa daerah yaitu bahasa jawa
di dalam pembelajaran setiap hari kamis.
BAB III
PENUTUP
Demikianlah laporan observasi yang kami
susun. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan penyusun sendiri, serta dapat
menambah wawasan pengetahuan tentang KB ‘Aisyiyah. Selain itu semoga juga dapat
mempertebal iman dan taqwa kita kepada Allah SWT yang telah memberikan kita
akal pikiran sehingga dapat mempelajari apa yang telah diciptakan oleh Nya.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam menyusun ataupun ketika
menyampaikan makalah ini. Maka dari itu kritik dan saran yang membangun dari
semua pihak tentu kami butuhkan demi memperbaiki laporan serta makalah kami
berikutnya. Terima kasih.
0 komentar:
Post a Comment